Mas Buto Cakil


Beberapa waktu yang lalu saya menulis dengan cengengesan di blog cerpen saya yaitu CERPEN DUNIA MAYA sebuah tulisan berjudul: WITGET BUTO CAKIL.

Di situ saya menulis meskipun Mas Buta Cakil berdarah denawa/buta(baca buto),ada sesuatu yang bisa di ambil segi positipnya dari peran Mas Buto Cakil dalam pewayangan.

1.Jika Kang Cakil ini di gambarkan/simbulkan sebagai kejahatan,maka kejahatan itu tetap ada,hari ini hilang,besok ada lagi. Kan Mas Cakil ini umpama sekarang saya nanggap wayang dia akan muncul dan akan mati oleh satria,Jika besok tetangga saya nanggap Wayang Kang Cakil muncul lagi dan mati lagi.

2.Segi positip/baik yang bisa diambil Cak Cakil yang buto cilik lincah ini,adalah prajurit penjaga tapal batas negerinya yang berupa hutan.

Sebagai anggota peleton penjaga perbatasan,mas Cakil siap mati mempertahankan negerinya dari orang luar yang ingin ngutik utik tanah airnya.Meskipun yang masuk itu satria termasuk di dalamnya mas Arjuna,gak usah ditambahi mencari cinta.Siapa tahu Arjuna masuk hutan mau mbangun istana dan nebangin pohon,kan merusak lingkungan.

Yo bener cakil to,meskipun Arjuna membawa misi penting tapi masuk negeri orang sludar sludur bisa diberondong bedil.

Nah kebetulan kemarin saya mbaca koran Jawa Pos tgl 19 oktober kurang lebih judulnya “Membangun gubuk bercat merah putih di atas tanah tapal batas”(saya lupa judule)

Siapa dia? Ini datanya (Nurmali.dusun camar bulan,desa Temajuk.kecamatan Paloh ,sambas Kalimantan Barat).

Lho saya itu tidak menyamakan mas Nurmali ini dengan buto Cakil,orang mas Nurmali wajahnya ganteng kaya Pasha Ungu kok.Cuma saya sangat salut dan menimbulkan bangga tentang Nasionalisme yang dimiliki beliau.

Mas Nurmali yakin bahwa Tanah yang katanya mau di caplok Tetangga kita itu adalah milik NKRI.Mas Nurmali yang orang biasa,hidup dalam kesederhanaan dan bisa dibilang minus,berputra tiga,dengan gagah berani mendirikan gubuk di kebun karetnya dan dicat merah putih.Dia tidak rela tanahnya diembat orang lain,dia merasa tanah itu milik negerinya/bangsanya,Bangsa Indonesia.Ketika di datangi bupati setempat beliau mengatakan tidak takut dengan polisine tetangga yang kadang muter dengan helikopter di atas kebun karetnya.

SALUT MAS NURMALI.

Oh nggih Cak Soekir punya blog cerpen CERPEN DUNIA MAYA yang sekarang sedang membuat Cerpen Nyentrik berjudul Jaka Tarub telah sampai pada episode 10 .Bila berkenan monggo pinarak .Promosi.com, Pantesan wae jarang bikin puisi,,hehehe.

9 thoughts on “Mas Buto Cakil

  1. Buto cakilpun punya peran penting, meski dlm dunia pewayangan. Agar ada wayang yg disebut satria, maka ada buto cakil.
    Selamat siang, sukses selalu untuk anda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s