AKHIRNYA AKU NGEBLOG LAGI DI SINI

Apa khabar sobat semua,semoga kita semua dalam keadaan baik.

sesuai judul posting ini maka kang sukir akan kembali ngeblog lagi di sini.

jJudul blog telah kang sukir ganti yang semula PUISI DUNIA CINTA kini menjadi DUNIA PUISI DAN CERITA.

Oh ya sobatku untuk cerpen cerpen yang telah ada itu adalah impor dari blogspot blog cerpennya kang sukir.

Jika sekiranya ingin membaca cerita cerita kang sukir yang cerbung, link linknya masih menuju blogspot maka jika ingin membaca silahkan ngeklik tulisan entri lama ataupun entri terbaru.

Terus terang saja di blogspot ada beberapa bagian posting saya yang hilang.

Baiklah sahabat setelah sekian lama vacum kang sukir ingin eksis lagi,sementara belum bisa maksimal sowan/berkunjung ke blog panjenengan semua.

Terimakasih sobat semua salam damai dan selamat berkarya.

Mas Lumut 2012 (enam/tamat)

Melanjutkan Mas Lumut 2012 (lima) dan sekarang bagian enam tamat.

Gadis bau kotok ayam yang naik panggung itu ternyata Kleting Kuning.

“Eh ladala kok ada orang gila naik panggung,piye ki keamanannya?”Paman Jorono terkejut.
“Paman aku ini bukan orang gila,aku mau ikut kontes pemilihan calon istri.”Jawab Kleting Kuning.
“Oalah nduk,orang yang cantik cantik dan nyemlohe aja ditolak,apalagi kamu.”Simbok menimpali.

Lumut yang mendengar ribut ribut di atas panggung tiba tiba angkat bicara.
“Paman dan Simbok,biarlah gadis itu mengikuti sayembara ini.”
“Hah..,ikut!”Simbok dan Paman Jorono jadi bengung.
“Ia paman biarlah dia ikut,tapi tetap beri syarat menyanyi dulu.”Kata lumut.

Kleting Kuning girang sekali.

“Wuek,,boleh to akhirnya aku ikut.”Kleting Kuning mengejek Paman Jorono.
“Wo dasar cah gemblung.”Paman Jorono menggerutu.
“Sudah nduk,kamu segera nyanyi.”Kata Simbok.

Kleting Kuningpun segera ambil mikropon dan menyanyi:”Seribu kota telah kulalui,seribu hati kuselami
namun tiada pernah kutemui dirimu di sana…”
Ternya ia nyanyikan lagunya Arie Wibowo penyanyi tahun 80 an yang kondang dengan lagu “Madu dan Racun”.
Kleting Kuning menyanyi lagu Seribu Kota yang juga digubah Didi Kempot dengan Judul Sewu Kuto.

“Nah bagaimana penampilan saya?”Tanya Kleting Kuning kepada dewan Juri setelah usai nembang.

Segera saja Simbok membawakan tembang yang ditujukan untuk Lumut.
“Putraku si Ande Ande Lumut,
tumuruno ana putri kang ngunggah unggahi,
putrine kang ala rupane,Kleting Kuning iku kang dadi asmani.”

Di luar dugaan penonton tapi telah diketahui pembaca bahwa Kleting Kuning diterima oleh Ande Ande Lumut sebagai calon istrinya.

“Mbok simbok kulo inggih kersa,mbok mbok simbok kula inggih purun,nadyan ala niku pancen jodo kula.”

Lumutpun turun dari tempatnya dan mendatangi Kleting Kuning.

“Dik Kuning,lagumu sungguh menggetarkan hatiku,kota mana aja yang pernah kau datangi?”tanya lumut.
Kleting Kuning sambil plungkar plungker menjawab:”Mas Lumut,saya pernah ke Jakarta,Surabaya Sidoarjo dan lain lainya.”
“Untuk apa dik?”
“Jadi karyawan pabrik mas,tapi saya juga pernah ke luar negeri mas Lumut?”
“Kemana aja dan untuk apa?”
“Arab,Hongkong dan Taiwan masing masing tiga tahun menjadi TKI.”
“Sekian banyak kota dan negara yang kaudatangi,lalu siapakah kekasih yang kaucari seperti dalam lagumu itu?”tanya Lumut.

Kleting Kuning akhirnya bercerita bahwa yang dicarinya adalah Raden Panji Asmara Bangun.

Lumut terkejut sembari membuka topinya,pun demikian Kleting Kuning terkejut pula sambil menghapus coreng moreng dimukanya.

Kleting Kuning membasuh mukannya dan ternyata dia…Putri Sekartaji alias Galuh Candrakirana.

“Oh,kamu dik Galuh!”Pekik Ande Lumut yang ternyata Raden Panji Asmara Bangun.
“Oh,mas Kiran,,eh mas Panji!”sambut Putri Sekartaji.

Kleting Kuning atau Dewi Sekartaji dan Ande Ande Lumut alis Raden Panji Asmarabangun sebenarnya seorang Pangeran dan seorang Putri dan mereka adalah sepasang Kekasih yang telah lama berpisah.

TAMAT.

Mas Lumut 2012 (lima)

Akhirnya setelah cerpen dunia maya: cerbung Mas Lumut 2012 (empat) tibalah kini episode lima.

Peserta tersisa empat orangpun dengan yakin menerima persyaratan untuk menyanyikan lagu yang menjadi kenangan dalam hidup mereka.

Majulah peserta pertama yaitu Kleting Ijo.

Kleting Ijo berjalan di atas panggung dengan gaya persis peragawati.
“Resah dan gelisah menunggu di sini,di sudut sekolah tempat yang kaujanjikan…” Ternyata Kleting Ijo menyanyikan lagu lawas Kisah Kasih Di Sekolah yang biasa dinyanyikan Obie Mesakh.

“Lho,suaraku merdu to,dan lagu ini sesuatu banget gitu lho.”Kata Kleting Ijo sehabis menyanyi.

Dan dengan ceremonial Simbok sebagai juri akan memberitahu Ande Ande Lumut dengan tembang.
Simbok yang masa mudanya ngefans sam mbah Waljinahpun membuka catatan tembang yang tertulis begini :”Putraku si Ande Ande Lumut,tumuruno ana putri kang ngunggah unggahi,putrine kang ayu rupane,Kleting Ijo iku kang dadi asmane.”

Tiba tiba Simbok yang siap nembang batuk batuk,kemudian berbisik kepada man Jorono.
“No,aku batuk ,gimana nih?”
“Walah piye to Mbok mbok,aku malah gak bisa nembang je.”Jawab man Jorono.
“Wah la piye No,,?”tanya simbok.

Man Jorono berbisik kepada Simbok:”telepon aja Kang Sukir Mbok.”
“Ah,pinter kamu No.”Simbok girang banget dengan ide Man Jorono.

Simbok benar benar nilpun Kang Sukir meminta menggantikan nembang.

Kang Sukir yang kesulitan mencari mp3 Ande Ande lumutpun nembang via hape,dan sempat disadap dan direrekam Team Pencari Fakta yang hasil sadapannya seperti suara ini (klik suara ini untuk mendownload suara kang sukir ditelepon yang ngomong dan membang ande ande lumut).

Setelah suara kang Sukir di hape dimasukkan mikrofon terdengarlah nada ande ande Lumut atas permintaan Simbok.
Suasana hening menunggu jawaban Ande Ande Lumut.
Karena kelamaan man Jorono mendatangi Ande Ande Lumut.

“Mut,yaopo se kamu,ketiduran ta?”
“Anu paman,saya saya anu,,”jawab Lumut.
“Halah,ngomong aja nervous sama gadis gadis cantik itu.”kata Man Jorono.
Ande Ande Lumut cuma klecam klecem.
“Ya udah kamu telepone Kang Sukir aja,nih hapenya.”Kata Man Jorono.

Ande Ande Lumutpun menelepon Kang Sukir untuk nembang yang teksnya seperti ini:”Mbok simbok,kula mboten kersa,mbok simbok kula mboten purun,nadyan ayu sisane si Yuyu Kangkang.”
Na untuk iso ndengarkan pembicaraan Kang Sukir dan Ande Ande Lumut di sini (download gratis,hanya biaya data normal operator)

Akhirnya Kleting Ijo ditolak pun demikian dengan Kleting Abang,Biru dan Ungu.

“Mas Lumut,apakah kami ini kurang cantik,kok ditolak.”Kata Kleting Abang mewakili saudara saudaranya.
Man Jorono yang menjawabnya:”He,yang cantik cantik apakah kamu tidak membaca bagian bawah formulir pendaftaranmu?”
“Apa itu paman?”Tanya Kleting Ungu dengan jengkel.
Paman Jorono menyodorkan sebuah formulir milik salah satu dari mereka dan menunjukkan di bagian bawah yang tertulis : “Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak ada surat menyurat,telepon,sms maupun email sesudahnya.”

“Ah,gimana Lumut ini,putri cantik cantik gak ada satupun yang dipilihnya,piye nek dadi joko tua coba.”Man Jorono berbincang dengan Simbok.

Sementara itu suasana jadi heboh karena tiba tiba tercium aroma kotok ayam yang menyengat disertai munculnya seorang gadis yang naik panggung.

Nah untuk kisah selanjutnya Mas Lumut 2012 episode enam silahkan kembali di lain waktu ke blog ini

Bingkai Bingkai Cerita

Beberapa saka telah tunai masanya,tangis sedih dan kecemasan akan runtuhnya sebuah istana

Pertanda apa sayangku?

Sang kesatria berberai berai

Sang Turangga Seta nan gagah perwira hanya beberapa yang menungganginya.
Sementara yang lain menukar dengan kuda kepang atas nama hasrat sang warna.
Lihatlah sayangku!

Para penunggangnya kerasukan,tidak lagi tahu kesejatiannya.

Mereka letih tanpa mengerti atas kaki kaki yang menginginkan seribu kebebasan.

Benar sayangku,di atas kuda kepang engkau berjalan atas kehendakmu,tapi kuda kepang adalah kuda mati yang menjadi bebanmu.

Berpalinglah,lihat kesatria di atas Turangga Seta,mereka punya keyakinan,mereka tidak pernah menganggap Kuda Putihnya jadi lapuk,

Mari sayangku,memilih jalan untuk pulang bersama mereka yang mengenal jalan pulang dan bukan mereka yang mengembara tanpa peduli kembali.

Lihatlah nanti kuda kuda kepang yang warna warni itu akan lapuk dan penunggangnya kecapekan.

Ah mari sayangku,,,

cerbung Mas Lumut 2012 (empat)

Setelah pada episode : cerpen dunia maya: cerbung : Mas Lumut 2012 (tiga) Yuyu Kangkang mau menyebarangkan Kleting Kuning dengan dipaksa menggunakan pusaka Kyai Sada Lanang,sekarang kita tengok suasana rumah mbok Rondo miskin,orang tua angkat Ande Ande Lumut yang mendadak ramai dikunjungi gadis gadis cantik yang hendak mengikuti audisi kontes pemilihan calon istri

Para gadis telah antri dengan tertib sesuai keplek nomer urut masing masing.
Simboknya Ande Ande Lumut dan Paman Jorono(nama pelawak ketoprak Siswobudoyo Tulungagung) telah siap di kursi para juri.

“Hem,Lumut itu kenapa,sebagai juri utama kok kelihatan murung.”Batin Panan Jorono sambil bangkit dari kursi menuju tempat Ande Ande Lumut yang buatkan panggung khusus dan tertutup.
Ia mendekati Ande Ande Lumut pelan pelan.

Dilihatnya Ande Ande Lumut yang seperti orang sedih.

“Hem,kok bisa begitu kenapa.”Ande Ande Lumut bergumam sambil berkali menepuk keningnya.
“Keterlaluan,,keterlaluan sekali,mengapa mengapa?”Ande Ande Lumut masih bergumam dan sesekali geleng geleng kepala.

“Mut,para juri yang terdiri aku dan simbok sudah siap,dan peserta sudah datang,kamu kok resah kenapa?”sapa paman Jorono dengan pelan.
Lumut menoleh dan geleng geleng.

“Mut,jangan jangan kamu mau membatalkan acara ini.”Kata Paman Jorono setelah dilihatnya Lumut seperti gelisah.
“Oh,tidak paman,saya tidak membatalkan acara ini,saya memang resah paman.” jawab Lumut.
“Apakah kamu nervous menghadapi gadis gadis cantik itu?”
“Bukan,bukan itu paman!”jawab Lumut.
“Lalu kenapa?”tanya paman Jorono.

Dengan mendesah dan nafas berat dihempaskan Lumut membisikkan sesuatu ke telinga paman Jorono.
“Paman,aku sedih dan ngelu kepalaku setelah Timnas PSSI dihajar Bahrain 10-0”.
“Malu paman,harga diri.”
“Ssst,sudah sudah gak usah terlalu nglangut,sudah ada yang ngurus.”nasehat paman Jorono.

Lumut meminta acara segera dimulai.
“Welleh,aku yang dipur tiga setengah aja keok tigaratusrebon ndak mikir.”gumam paman Jorono sambil turun dari tempat khusus Ande Ande Lumut.

Dimulailah babak penyisihan kontes pemilihan calon istri,disertai tepuk tangan para penonton.
Para peserta tampil di cat walk,menampilkan peforma masing masing,dan diakhiri intervew oleh simboknya Lumut dan paman Jorono.
Dari sekalian peserta yang jumlahnya ratusan akhirnya tersisa empat peserta.Mereka adalah Kleting Ijo,Kleting Abang,Biru dan Ungu.

“Paman dan simbok untuk peserta terpilih empat besar ini berikan syarat kepada mereka.”Pinta Lumut kepada Simbok dan Paman Jorono melalui wareles earphone.
“Halo Lumut,persyaratan apa?”tanya Paman Jorono.
“Mereka suruh tampil satu persatu menyanyikan lagu yang paling membuat kenangan dalam hidup mereka.”Jawab Lumut.
“Oke siap,,Organ tunggal alias elektone juga sudah siap.”Jawab Paman Jorono.

Wah harus kepotong lagi nih cerbung Mas Lumut 2012 bagian empat.

Oke sobat cerpen dunia maya,silahkan kunjung lagi di lain waktu ya,jangan kapok,OKE?

cerbung : Mas Lumut 2012 (tiga)

Baca kisah sebelumnya : cerpen dunia maya: cerbung : Mas Lumut 2012 (dua).

cerbung Mas Lumut 2012 (tiga).

Pada akhirnya simbok rondo Inten pun mengijinkan Kleting Kuning menyusul kakak-kakaknya.

“Ya sudahlah cah ayu susulah kakak-kakakmu”
“Terimakasih ya mboke.”Kata Kleting Kuning.
“Berdandanlah dulu biar cantik dan simbok bantu.”saran simbok.

Dengan dibantu simbok Kleting Kuningpun menghias diri.(dikisahkan saat simbok Inten merias Kleting Kuning ini justru dibuat wajahnya menjadi jelek,diolesi jelaga dan kotok ayam.

“Piye mbok aku sudah okey to?”tanya Kleting Kuning sehabis berdandan.
“Wis nduk kamu sudah persis Luna Maya.”Jawab Simbok.
“Ah simbok,kok kaya Luna Maya seh,Kleting Kuning gak mau.”kata Kleting Kuning.
“Lho Luna Maya kan cantik to nduk.”
“Cantik mbok,tapi kan sudah dianu sama Ariel.”timpal kleting Kuning.
“Dianu diapakno seh sama si ganteng Ariel?”tanya Simbok.
“Udah dipacarin sama Ariel gitu lo mbok,nanti kalau aku seperti Luna Mas Lumut kan gak mau.”

Berangkatlah Kleting Kuning menuju desa di seberang sungai.
Ketika sampai tepi sungai dia juga bingung karena tidak ada alat penyeberangan.

“Ah apa itu,,hei mahkluk unik kesini kamu.”ketika Kleting Kuning melihat Yuyu Kangkang menyembul dari air.
Tetapi Yuyu Kangkang tidak menepi.
“Hai mahkluk aneh,mengapa kau tak mau kesini,ayo tolong aku menyeberang dong!”teriak Kleting Kuning lagi.
“Brrr,kagak mau,males!”jawab Yuyu Kangkang.
“Kenapa gak mau?”tanya Kleting Kuning.
“Kamu dekil,jelek dan bau,ogah aku,brrr!”Yuyu kangkang tetap saja di tengah sungai.
Beberapa kali Kleting kuning minta diseberangkan Yuyu Kangkang tetap tidak mau.Kleting Kuning jadi geregetan.
“Hai kepiting kalau kamu nggak mau,kaulihat ini apa?”Kleting Kuning tiba tiba mengeluarkan sesuatu dari balik bajunya.
“Ha ha ha,ternyata kamu tukang sate ayam,,habis motong ayam gak mandi jadi bau kotok,hahaha ogah kamu bau.”Ejek Yuyu Kangkang yang melihat Kleting Kuning menunjukkan sebatang lidi.

Kleting Kuning jadi tidak sabar.

“Kurang ajar kamu ya kepiting jelek!”Kata Kleting Kuning sambil menyabetkan sebatang lidinya ke air.
Tiba tiba air sungai berhenti mengalir dan menjadi surut serta kemudian air habis dan kering.

“Eh eh eh,ampun ampun jangan keringkan sungai ini,ampun baiklah aku seberangkan engkau.”teriak Yuyu Kangkang.
Kleting Kuningpun menyabetkan lidinya lagi dan air sungai mengalir lagi.

Yuyu Kangkangpun menyeberangkan Kleting Kuning.
“Uh kamu emang gak pernah mandi ya jelek,bau banget.”gerutu Yuyu Kangkang.
“Diam dodol,segera seberangkan aku,atau aku sabet kau dengan lidi ini.”Ancam Kleting Kuning.
“Namaku Yuyu Kangkang bukan dodol.”
“Bodo amat namamu Kang Kiran kek,kang Sukir,Cak sukir atau cak Ran emang gue pikirin,orang namaku Kleting Kuning loe panggil jelek.”Kata Kleting Kuning.

Tiba tiba Kang Sukir gak enak hati pada Kleting Kuning.
“Hai Kleting Kuning kok improvnya pakai nyebut aku segala.”tegur Kang Sukir.
“Iya Bos,biar pean ikut dalam cerita.”Jawab Kleting Kuning sambil prengesan.

Oke sobat bagian yang lebih menarik akan terbit lain kali,untuk itu silahkan kembali lagi di lain kesempatan untuk mengetahui ending cerbung Mas Lumut 2012 episode berikutnya. matur nuwun

cerbung : Mas Lumut 2012 (dua)

melanjutkan kisah cerita sambung : cerpen dunia maya: cerbung : Mas Lumut 2012 (satu) dan kini bagian dua

Ketika para Kleting akan menyeberang sungai tapi tidak ada perahu,mereka dikejutkan sesosok mahkluk unik yang muncul dari dalam sungai dan mendekati mereka.

“Ha ha ha asik ada cewek cewek cantik di sini.”Tiba mahkluk unik yang berwujud kepiting super besar itu berbicara.

Para Kleting dan mbok Rondo yang masih terkejut tambah bengong aja.
“Hai yang cantik cantik,loe mau pada kemana sih?”Kepiting raksasa itu menanyai mereka.
“Astaganaga,kau kepiting bisa ngomong?”Kleting Biru memberanikan diri.
“He he he,jangan heran cah ayu ayu,aku ini Yuyu Kangkang.”Kepiting raksasa itu ternyata punya nama Yuyu Kangkang tapi bukan Kang Sukir ya?

Setelah rasa takut para Kleting hilang dan nampaknya Yuyu Kangkang tidak galak mereka menyatakan keinginan untuk diseberangkan.

“Aku mau mau aja sih nyeberangkan kalian,tapi ada syaratnya.”Yuyu Kangkang mengajukan syarat.

“Syaratnya apa Yuyu Kangkang?”tanya seorang Kleting.
“Aku minta Yum?”jawab Yuyu Kangkang cengengesan.
“Apaan sih yum itu?”tanya Kleting Abang.
“He he he yum yum,cup cup cup.”jawab Yuyu Kangkang.
“Lho,tempatmu kan sudah di air kok minta minum?”Kleting biru angkat bicara.
“Hik hik hik,kalian kan dah besar,aku minta cium cium.”Yuyu Kankang menjelaskan.

Karena memburu waktu sayembara,ternyata mereka berempat menyanggupi persyaratan Yuyu Kangkang agar diseberangkan.

Merekapun diseberangkan Yuyu Kangkang,sedang simbok Rondo tidak ikut,ia pulang.

Al kisah Kleting Kuning yang ditinggal di rumah sedang memasak.
“Kemana ya mbakyu tadi,kok gak ada di rumah,juga simbok.”batinnya.

Sedang asik masak dan muter radio musik campursari Kleting Kuning dikejutkan oleh seekor bangau yang masuk rumah.

“Hai Kleting Kuning,mengapa engkau tidak ikut kakak kakakmu mengikuti sayembara?”Bangau itu bisa bicara.
“Ya amplop,kamu bangau bisa ngomong?”kata Kleting Kuning yang terkaget.

Bangau itupun mengatakan pada Kleting Kuning bahwa namanya Bangau Tontong.
Bangau Tontong menyarankan Kleting Kuning agar menyusul saudara saudaranya mengikuti sayembara.
Meskipun malas dan tidak berminat,akhirnya Kleting Kuning berangkat juga.

“Eh eh eh,mau kemana Kleting Kuning?”Ketika hendak keluar pintu tiba tiba simbok Rondo sudah tiba.
“Aku juga ingin ikut sayembara mbok,,boleh kan mbok?

Bolehkah Kleting Kuning menyusul saudara saudaranya mengikuti lomba? Jangan lupa bila menemukan blog ini dan cerbung Mas Lumut 2012,silahkan kembali lagi untuk mengetahui kelanjutannya.sumber cerita : ketoprak